Spesifikasi dan Harga Suzuki XL7 Hybrid 2023

spesifikasi suzuki xl7 hybrid
Sumber: Kompas

Pada hari Kamis, 15 Juni 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah merilis Suzuki XL7 Hybrid 2023 di Indonesia secara resmi.

XL7 Hybrid adalah SUV 7 penumpang yang menjadi pelopor penggunaan teknologi hybrid di kelasnya dengan menggunakan teknologi SHVS. Demikian dijelaskan oleh Matsushita Ryohei, Direktur Penjualan & Pemasaran 4W Suzuki Indonesia.

Untuk lebih mengenal mobil baru ini, mari kita bahas secara detail mengenai spesifikasi, fitur, dan harga terbaru Suzuki XL7 Hybrid 2023 di Indonesia

Spesifikasi Suzuki XL7 Hybrid 2023

spesifikasi-dan-harga-suzuki-xl7-hybrid
Sumber: LajuMotor

Mari kita memulai dengan membahas teknologi mesin terlebih dahulu, karena ini merupakan perubahan terbesar yang dibawa oleh model XL7 yang sebelumnya.

PT SIS baru saja meluncurkan mobil Suzuki XL7 Hybrid 2023 di Indonesia. Mobil ini menggunakan teknologi Mild Hybrid yang membuatnya menjadi mobil berteknologi canggih keempat yang diluncurkan di Indonesia.

Sebelum mengenalkan Suzuki XL7 Hybrid 2023, PT SIS terlebih dahulu merilis Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pada tanggal 7 Februari 2017, kemudian Suzuki Ertiga Hybrid pada tanggal 10 Juni 2022, dan terakhir Suzuki Grand Vitara Hybrid pada tanggal 16 Februari 2023.

PT SIS memberikan nama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau SHVS untuk teknologi Mild Hybrid yang mereka miliki.

Mild Hybrid adalah teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang dengan memasang Integrated Starter Generator (ISG) pada mesin konvensional (Internal Combustion Engine, ICE) serta menggunakan dua jenis baterai, yaitu Lithium-Ion dan Lead-Acid.

ISG adalah inti dari teknologi Mild Hybrid Suzuki yang terdiri dari motor starter dan alternator konvensional yang digabungkan dalam satu komponen.

Sistem ISG dipasang pada mesin K15B yang memiliki empat silinder dengan kapasitas 1.462 cc dan daya sebesar 103 dk pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Sistem ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu menghidupkan mesin, mengumpulkan energi listrik saat pengereman, dan membantu kinerja mesin saat akselerasi. Energi yang terkumpul akan disimpan pada kedua baterai.

Baterai Lithium-ion pada mobil Suzuki XL7 Hybrid 2023 memiliki kapasitas sebesar 10 Ah 12V, dan sama dengan baterai yang digunakan pada mobil Suzuki Grand Vitara Hybrid.

Jika dibandingkan dengan baterai Lithium-ion Suzuki Ertiga Hybrid yang memiliki spesifikasi 6 Ah 12V, maka baterai Suzuki XL7 Hybrid memiliki kapasitas yang lebih besar sebesar 4Ah.

Menurut Hariadi, Asisten Kepala Departemen Layanan PT SIS, baterai Ertiga Hybrid lebih kecil daripada baterai XL7 Hybrid yang sama seperti baterai Grand Vitara dengan kapasitas 10 Ah dan tegangan 12V.

Di bawah jok depan terdapat baterai lithium-ion yang bisa didapatkan sekitar Rp 14 juta di bengkel resmi.

PT SIS memberikan jaminan selama 8 tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu) untuk baterai lithium-ion ini.

Suzuki XL7 Hybrid 2023 dilengkapi dengan teknologi auto start-stop untuk menghemat BBM. Mesin mobil akan secara otomatis menyala dan mati ketika tidak diperlukan, seperti ketika berhenti di lampu merah atau dalam kondisi macet.

Anda dapat memilih transmisi dengan 5 percepatan manual atau 4 percepatan otomatis dengan sistem hidraulis yang disebut AT.

Suzuki XL7 2023 hanya mengalami perbaikan tampilan atau penyegaran ringan pada bagian eksteriornya.

Dia hanya mendapatkan tampilan baru pada grille dan pelek mobilnya dengan warna chrome (untuk tipe Zeta) dan hitam (untuk tipe Beta dan Alpha).

Semua tipe mobil baru ini dilengkapi dengan tail gate garnish chrome dan antena pendek.

Perubahan pada bagian dalam mobil juga tidak terlalu banyak, tata letak dashboard dan kursi juga masih sama seperti pada model sebelumnya.

Perbedaan pada model tahun 2023 terletak pada panel instrumen yang memiliki motif kayu berwarna hitam dan warna baru pada jok, yaitu kombinasi abu-abu dan hitam.

Fitur Baru Suzuki XL 2023

Fitur baru pada Suzuki XL7 2023 mencakup Autolight dengan Guide Me Light (versi Beta dan Alpha), Auto Retractable Mirror (versi Beta dan Alpha), Cruise Control (versi Beta dan Alpha), E-Mirror Touchscreen (versi Alpha), dan Gear Shift Indicator (versi Beta dan Alpha untuk transmisi manual).

Tetap ada fitur keselamatan dalam berkendara yang sama dengan model sebelumnya.

Kendaraan ini dilengkapi dengan teknologi keamanan yang canggih, seperti SRS Front Dual Airbags, ISOFIX Child Seat Anchorages, Childproof Rear Door Lock, Side Impact Door Beams, ABS With EBD Function, Reverse Parking Sensor, Immobilizer, dan ESP (Beta dan Alpha), yang dapat memberikan perlindungan maksimal bagi peng

Untuk varian warna Alpha, tersedia Savanna Ivory – Black (dua warna), Sunrise Orange – Black (dua warna), White – Black (dua warna), dan Cool Black.

Pilihan warna untuk tipe Beta dan Zeta adalah Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black.

Harga Suzuki XL7 Hybrid 2023

harga-suzuki-xl7-hybrid
Sumber: Autofun

Di daerah Jabodetabek, Suzuki XL7 2023 tersedia dengan harga on-the road yang bervariasi, mulai dari Rp 256,1 juta hingga Rp 304,9 juta.

Inilah harga lengkap dari semua jenis yang tersedia:

  • XL7 Hybrid Alpha A/T Rp 304.900.000
  • XL7 Hybrid Alpha M/T Rp 293.900.000
  • XL7 Hybrid Beta A/T Rp 294.900.000
  • XL7 Hybrid Beta M/T Rp 283.900.000
  • XL7 Zeta A/T Rp 267.100.000
  • XL7 Zeta M/T Rp 256.100.000
Share this article
Shareable URL
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share